Archive for April 3rd, 2012

Daud Beureueh : Balada Tangis Iba Soekarno Awal Mula Petaka Di Bumi Aceh

“Waallah Billah…, Atjeh nanti akan saya beri hak untuk menjusun rumah tangganja sendiri sesuai Syari’at Islam. Akan saya pergunakan pengaruh saya agar rakjat Aceh benar-benar dapat melaksanakan Syari’at Islam. Apakah Kakak masih ragu…??”

Kata-kata di atas diucapkan oleh Soekarno sambil terisak di bahu seseorang yang ia panggil Kakak. Sang kakak, tidak lain adalah Daud Beureueh. Akhirnya, berbekal iba dan isak tangis, Soekarno berhasil meluluhkan hati sang Abu Jihad, demikian panggilan Daud Beureueh. Soekarno mengucapkan janjinya untuk meyakinkan Daud Beureueh, bahwa jika Aceh bersedia membantu perjuangan kemerdekaan, Syari’at Islam akan diterapkan di tanah Rencong ini. Maka urung niat Daud Beureu’eh meminta perjanjian hitam di atas putih.

Tapi ternyata janji tinggal janji, Belum kering bibir Soekarno berjanji, Ia menghianati janji yang di ucapkannya sendiri. Dan penerapan Syariat Islam di Aceh pun tinggal mimpi. Air mata yang diteteskan Soekarno ternyata hanya pelengkap sandiwara. Deraian Air Mata Bung Karno ternyata adalah titik awal mula penderitaan Rakyat Pemodal Kemerdekaan Bangsa ini.

Dialah Teungku Muhammad Daud Beureu’eh, Lahir 17 September 1899, dengan nama asli Muhammad Daud di sebuah dusun kecil bernamaBeureu’eh di Aceh Pidie. Nama dusun itulah yang kelak yang lebih dikenal sebagai namanya. la bukan dari kalangan bangsawan Aceh yang bergelar Teuku, ia seorang rakyat biasanya saja. Gelar Teungku di depan namanya menandakan ia termasuk salah seorang yang diperhitungkan sebagai ulama di masyarakat sekitarnya. Selain Abu Jihad, orang-orang di sekitarnya biasa memangilnya dengan sebutan Abu Daud atau Abu Beureueh. Dialah sosok yang menjdi cikal bakal semua gerakan Kemederkaan Aceh.

Pada zamannya, Daud Beureueh dikenal sebagai seorang ulama yang tegas dan keras pendiriannya. la tak segan-segan menjatuhkan vonis haram atau kafir bagi setiap orang yang telah melanggar aturan agama. Menurut beberapa catatan dan keterangan orang-orang yang dekat dengan Abu Daud, ia termasuk salah seorang yang buta huruf (tapi akhimya ia bisa juga baca dan tulis huruf latin). Ia hanya bisa membaca aksara Arab. Tapi jangan ditanya soal kemampuannya dalam masalah agama dan siasat perang.

Pendidikan yang ia jalani adalah pendidikan dari beberapa pesantren di daerahnya. Beberapa pesantren yang pernah menempa tokoh yang satu ini adalah Pesantren Titeue dan Pesantren Leumbeue. Kedua pesantren itu terkenal sebagai “pabrik” yang melahirkan pribadi-pribadi dengan militansi tinggi di Bumi Serambi Makkah.

Abu Daud terkenal sebagai orator dan seorang yang pemurah hati. Kepeduliannya pada pendidikan rakyat Aceh pun sangat tinggi. Kepedulian pada pendidikan itu pula yang membuatnya pada tahun 1930 mendirikan Madrasah Sa’adah Adabiyah, di Sigli.

Sembilan tahun kemudian, bersama seorang sahabatnya, Daud Beureuehmendirikan sebuah organisasi sebagai wadah para ulama Aceh. Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA), begitu ia memberi nama organisasi tersebut. PUSA inilah yang kelak menjadi motor perjuangan melawan penjajah Belanda.

Selain itu, PUSA didirikan untuk mempersatukan visi para ulama Aceh terhadap syariat Islam dan memperbaiki program-program sekolah agama di Aceh. Meski pada awalnya didirikan dengan latar keagamaan, tak urung PUSA akhirnya dimusuhi Belanda. Itu semua karena gerakan PUSA berhasil mencerdaskan rakyat Aceh dan menanamkan semangat jihad yang tinggi untuk melawan penjajah. Hal ini menjadikannya sebagai tokoh PUSA yang paling diincar oleh pemerintah kolonial Belanda. Pengejaran yang dilakukan Belanda itulah yang membuat PUSA menjadi gerakan bawah tanah.

Kabar kemerdekaan yang diproklamirkan oleh Soekarno dan Hatta, terlambat sampai di Aceh. Kabar merdeka baru diterima pada 15 Oktober1945. Mendengar kemerdekaan yang sudah mutlak, semangat perjuangan Abu Daud kian meledak. “Aceh juga harus merdeka,” pekiknya membangkitkan semangat mengusir Belanda yang berada di Aceh. Segera ia serukan lewat seluruh ulama di Aceh agar rakyat Aceh mendukung Soekarno. Namun seperti tertulis di atas, air susu dibalas air tuba.

Selain dukungan untuk Soekarno, masih banyak lagi sumbangsih rakyat Aceh yang nota bene salah satu hasil perjuangan Daud Beureueh. Sumbangsih tanda kasih pada Rl itu antara lain adalah saat ibukota Rl masih di Yogyakarta. Ketika kota itu diduduki dan Soekarna-Hatta ditawan Belanda dalam Agresi Militer II, tanpa dikomando, rakyat Aceh membangun dua pemancar radio untuk berkomunikasi dengan dunia luar yang terputus akibat aksi itu.

Begitu juga saat PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) yang berkedudukan di Bukittingi dipindahkan ke Bireuen. Rakyat Aceh menanggung seluruh biaya “akomodasi” pemerintahan darurat. Daftar sumbangsih rakyat Aceh untuk Rl akan semakin panjang jika kita masih mau mencari. Sebut saja cikal bakal penerbangan Indonesia. Rakyat Aceh-lah yang memulai dengan pesawat terbang Seulawah I dan II yang disumbangkan untuk Rl. Namun, tuntutan untuk hidup di bawah Syariat Islam belum juga terwujud. Bahkan rakyat Aceh cenderung menjadi “anak tiri” Rl, ketika Soekarno membubarkan Provinsi Aceh dan melebumya menjadi bagian dari Sumatera Utara.

Tentu saja hal itu menimbulkan kemarahan Rakyat Aceh. Daud Beureuehyang menjadi gubernur pertama Aceh, berkata lantang di atas mimbar, “Apabila tuntutan Provinsi Aceh tidak dipenuhi, kita pergi kegunung untuk membangun negara dengan cara kita sendiri.”

Puncaknya pada 21 September 1953, ia memimpin dan memproklamirkan bahwa Aceh bagian dari Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Hal itu tidak lebih dari respon atas penindasan dan kekecewaan yang telah menggunung pada pemerintah Rl, lebih-lebih pada masa Kabinet Ali Sastroamidjojo.

Untuk meredakan aksi tersebut, pemerintah mengirim M. Natsir ke Aceh, dengan disepakatinya tuntutan rakyat Aceh dan diberikannya otonomi untuk Aceh. Namun masa tenang itu tak berlangsung lama. Penangkapan-penangkapan yang dilakukan pada anggota DI/TII terus berlanjut karena isu-isu rapat rahasia antaraDaud Beureueh dengan Kartosoewiryo.

Banyak orang menyebut Daud Beureueh sebagai Pemberontak. Pemberontakkah ia, jika setelah sekian lama memberikan baktinya teradap negara tapi malah dera derita untuk Aceh yang diterimanya…??

sumber 

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info - April 3, 2012 at 10:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , , , , , , ,

Ditilang sampe isi kantong gak tersisa sepeser pun


Bissmillah,,,

permisi agan agan dan aganwati aganwati, om mimin om momod,, semuanyaa,,
ini trit pertama ane,,, tolong bantuan ma bimbingannya ya gan,,, maklum baru pertama bgt bikin trit, masih takut nih,, hehe,,

ane mau berbagi cerita nih,, pengalaman ane ditilang semalem tgl 18 dec 2010 jam 23:30 lebih di sekitar daerah dago tea house,,
ceritanya gini gan,,
semalem ane pergi jemput cewe ane pulang kerja di daerah dipatiukur, dah gitu ane anterin pulang ke rumahnya,,, ane ngobrol sebentar di rumhnya sampe akhirnya cewe ane ngerasa ngantuk dan ane pun pamit pulang,,,
naah,, disini lah kejadian penilangan dimulai,,,
o iya gan,, ane mau kasih tau motor ane yang ane pake dulu,, motor ane yamaha mio warna biru, trus ane kasih sedikit warna hitam di bagian body belakang motor ane tanpa meninggalkan warna asli motor ane di body bagian depan,,
singkat kata,, ane lewat dago tea house, tiba2 ada rajia gan, karna ane ngerasa ga ada salah, sim – stnk gak masalah, semuanya lengkap,,

ane berhenti, trus ada percakapan seperti ini:
P= Polisi
A= Ane

P: Selamat malam
A: ya pak,,
P: boleh tunjukan sim dan stnknya?
A: ya (lalu ane pun kasih tuh apa yang dia minta)
P: OK ( lalu dia pun mulai memeriksa keaddaan motor ane, helm ane apakah helm yang ane sni atau bukan)
A: ga ada masalah kan Pak? (aslinya gan ane dah pengen tidur malem itu, ngantuk banget T,T)
P: ini kenapa motor bodynya jadi warna hitam, udah jelas di stnk warna biru? trus knalpotnya juga berisik banget?
A: ini warna hitamnya cuma dibungkus skotlet aja ko pak, lagian saya juga ga ngehilangin warna birunya ko, masih ada,,
P: kalo gitu harus nya di stnk ada dua warna donk, hitam sama biru, (sambil siap2 ngeluarin surat tilang nih gan)
A: kalo bapak pengen semuanya biru lagi, boleh,,, saya buka sekarang (ane udah aga kesel nih gan,,
P: ga usah, saya sudah liat warna hitamnya,,
(lalu dia pun udah mulai mencatat surat tilang)
A: eeeh tunggu dulu pak,, buat apa itu surat tilang, kesalahan saya gak salah2 amat Pak, masih bisa di tolerir pak,
P: ya udah, kamu mau bayar brapa?
A: bayar?? lebih baik saya lepas skotlet pak dari pada saya harus bayar (maklum gan duit ane waktu itu minim bgt T.T)
P: belikan saya rokok aja, nih stnk sama simnya
A: bapa aja yang beli sendiri, nih saya kasih uangnya,, (ane keluarin isi kantong ane sampe pecahan uang seratu dua ratus jg ane keluarin,)
P: ko duitnya recehan (sambil rada2 berbisik suaranya)
A: cuma ini yang saya punya, kalo gak percaya geledah aja pak
P: ya sudah, kamu pura2 jongkok trus masukkan uangnya ke sepatu saya,

ane turutin tuh gan perintahnya, ane masukkin semua uang ane yang gak lebih dari 7000
GILA,,, kalo dipikir2 ane bneran pengen nangis gan klo inget itu T,T, maklum, buat ane uang segitu banyak banget artinya :

sumber

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 6:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , ,

Siap-Siap..!! 9 Juli Internet Di Seluruh Dunia Akan Mati

Tampilan komputer yang tak terinfeksi DNSCharger
Peringatan akan internet ‘mati’ ini disampaikan oleh otoritas Australia. Meski peringatan ini diberikan pada 10.000 pengguna di Australia, tapi ada kemungkinan pengguna di seluruh dunia akan terkena dampaknya (terutama bagi korban yang tak merasa komputernya terinfeksi).
Penyebab internet mati ini bukanlah akibat dari badai matahari, namun karena sebuah malware bernama DNSCharger.

Apa itu DNSCharger?
DNSCharger adalah malware (program jahat) yang diciptakan untuk menyerang komputer pengguna dengan mengubah settingan DNS (Domain Name Server). Akibatnya, semua akses pengguna secara diam-diam akan dialihkan ke suatu web server tertentu. Diperkirakan malware ini sudah menginfeksi 4 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

FBI pun tak tinggal diam atas ulah oknum yang dianggap membahayakan ini. Server yang dimaksud pun sudah disita dan FBI menyediakan solusi sementara untuk masalah ini. Dan FBI akan mematikan solusi sementara itu pada 9 Juli 2012 mendatang yang berarti korban DNSCharger akan mengalami ‘kematian’ internet.

Untuk membantu korban yang tak merasa terkena serangan malware ini, pemerintah Australia menyediakan website untuk men-scan komputer pengguna. Yakni di http://www.dns-ok.gov.au/. Website ini juga bisa digunakan untuk pengguna yang berada di luar Australia.
Untuk info lebih lanjut mengenai penanganan bagi Anda yang terkena serangan ini, langsung saja kunjungi http://www.dns-ok.gov.au/ untuk update info terbarunya.

sumber 

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 5:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , , , ,

Bajaj Isi Pertamax, Mobil Mewah Malah Premium

Sungguh kontras apa yang terlihat di foto-foto ini, kendaraan bajaj mengisi bahan bakar minyak (BBM) menggunakan jenis pertamax sementara sejumlah mobil mewah mengisi BBM jenis Premium di sebuah SPBU di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/4). Hal itu karena belum adanya larangan dan aturan tegas dari pemerintah membuat sebagian kalangan masyarakat kalangan menengah ke atas tidak malu menggunakan BBM bersubsidi Premium yang diperuntukkan untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah.

sumber

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 4:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , , ,

Bantu Mobil Pecah Ban di Kuningan, Aiptu Agus Tenar di Twitter


Foto: Aiptu Agus Menolong Pengguna Jalan/TMC

Jakarta Nama Aiptu Agus mendadak menjadi perbincangan di twitter. Foto Aiptu Agus yang menolong pengguna jalan yang ban mobilnya pecah di Kuningan mendapatkan banyak komentar positif pengguna twitter.

Dalam foto tersebut terlihat Aiptu Agus sedang membantu mobil Kijang yang pecah ban di Kuningan. Mobil tua bernomor polisi BE 2602 AI ini menepi di lajur kiri jalan. Terlihat 6 orang berpenampilan sederhana yang berkerumun di sekitar mobil ini. Mereka mengenakan sandal jepit, bahkan ada yang bertelanjang kaki. Seorang di antaranya tampak kepanasan sehingga melindungi kepalanya dengan kemeja.

Ada seorang penumpang mobil yang masuk ke kolong mobil, mencoba memperbaiki. Terlihat juga Aiptu Agus yang mengenakan rompi polisi kuning dan seragam coklat berjongkok di belakang mobil itu, mencoba membantu.

Foto itu pertama kali diposting Selasa (3/4/2012), sekitar pukul 09.42 WIB oleh Kompol Budiyono. Budiyono yang memiliki account twitter @budi_9a ini kemudian memention foto ini ke @TMCPoldaMetro. Foto yang ini kemudian di-retweet oleh TMC.

Setelah foto di-retweet muncullah berbagai komentar mengenai foto tersebut. Banyak pengguna twitter menilai positif apa yang dilakukan oleh Aiptu Agus. @nangcoy menyatakan ‘bangga kpd Aiptu Agus, mmbantu tnp pamrih.Jadikan contoh positif.Dmana & kpn pun kita berda’.

Pujian lain datang dari @syuhapraw yang menyatakan ‘Kita lbh mbutuhkn pak polisi yang membantu masy’. Pujian serupa juga diungkapakan @emilkusumo yang menyatakan ‘Aiptu agus W ini lg byk dipuji pengendara bermotor krn mau bantuin ganti ban mobil saat tugas. Gak perlu ganteng ato joget2 utk dikagumi’.

Namun ada juga yang menanyakan apakah bantuan yang dilakukan Aiptu Agus ini gratis. Misalnya saja
ada menulis ‘Tanpa imbalan kan ?’ Pernyataan yang hampir serupa juga dilontarkan tweep lainnya ‘Mudah2an bukan sekedar pencitraan :)’. Saking tenarnya Aiptu Agus, tweeps yang tidak mengikuti “riwayat” Aiptu Agus sejak awal, bertanya-tanya siapa sih Aiptu Agus kok banyak yang menyebut.

sumber

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 3:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , , , , ,

Next Page »