Archive for May 9th, 2012

10 Game paling aneh di dunia

Biasanya game olahraga banyak dimainkan oleh mereka yang betah “ngumpul bareng” baik sesama gamer atau keluarga. Tempat rental game pun selalu ramai dipenuhi pemain yang adu ketangkasan lewat game pilihannya masing-masing, tak jarang ditemani panganan ringan atau rokok. Memang, permainan jenis olahraga cukup mudah dipahami dan gampang dimainkan.

Memang, yang namanya video game itu identik dengan imajinasi dan khayalan, tak terlepas juga game-game olahraganya. Tapi 10 game di bawah ini boleh jadi adalah yang paling aneh se-dunia. Riset ini dilakukan oleh GamePro, Amerika pada akhir 2008. OK, ini dia!


1. Mutant League Football

Yup! Dari judulnya saja Anda sudah menemukan dua kata yang menjurus pada penjelasan mengenai game ini, yaitu “Mutant” alias makhluk jadi-jadian dan “Football,” yang ini jelas nama sebuah olahraga. Jadi, jangan membayangkan game ini sebagai pertandingan sepakbola yang wajar, pasalnya Mutant League Football (MLF) mengambil setting waktu setelah kiamat, di mana manusia sudah berubah menjadi monster-monster yang menakutkan.

Kalau dalam olahraga bola kaki biasanya kita cukup berlari, menggiring bola, lalu menendangnya ke gawang, MLF memberi kita lebih dari itu. Selain harus memenuhi standar peraturan main football yang ada, pemain juga dapat memanfaatkan roket, granat, serta senjata penghancur lainnya untuk memenangkan pertandingan. Yang main bola pun bukan manusia, melainkan monster, zombi, bahkan robot! Mengerikan ya?


2. Carmageddon

Anda pernah tahu seri game balapan Nascar yang identik dengan rally terbuka serta seri game Destruction Derby yang identik dengan main hancur-hancuran kendaraan? Nah, kira-kira demikianlah konsep game Carmageddon, hanya saja game ini memberi kita hal yang lebih sadis lagi.

Salah satu tujuan dari game ini adalah kita diharuskan melakukan penghancuran besar-besaran dengan menabrak rumah, perabotan, bahkan penghuninya dengan menggunakan kendaraan yang kita pilih. Semakin dahsyat kerusakan yang kita buat, maka angka yang kita peroleh pun semakin banyak.

Game ini muncul di era 90-an, namun peredarannya dihentikan di banyak negara karena alasan di atas. Tenang-tenang, kalau masih ingin main hancur-hancuran, Anda masih dapat melakukannya di game lain semisal seri Burnout (yang terbaru Burnout Paradise).


3. Deathrow

Barangkali ini adalah game olahraga paling “gila” yang pernah dibuat, pasalnya Deathrow adalah perpaduan dari permainan hockey, rugby, dan beladiri!

Plot game ini sederhana saja. Sudah baca perpaduan tiga jenis olahraga di atas? Nah, olahraga itu di masa depan dikenal dengan nama Blitz, di mana tak hanya manusia yang main, tapi robot dan ahli sibernetik bergabung dan menjadikan game ini sebagai salah satu olahraga paling brutal sepanjang masa.


4. Pigskin 621 A.D.

Anda kenal olahraga football? Memang peraturannya agak berbeda sedikit dengan sepakbola biasa, di mana unsur kekerasan lebih nyata terlihat disini. Tapi, kalau Anda menyangka football olahraga paling keras, sebaiknya urungkan dulu pendapat Anda sebelum memainkan Pigskin 621 A.D.

Dalam game football ala barbarian ini, Anda tak hanya bermain bola kaki biasa, tapi Anda juga harus menghindari serangan-serangan dari lawan Anda, dan tentu saja yang namanya barbarian tidak sekedar menyerang dengan menubrukkan tubuh atau menjegal kaki.

5. Tony Hawk

Nah, kalau yang ini barangkali Anda sudah sering mendengarnya, bahkan sudah memainkannya di konsol-konsol terkini. Game olahraga skateboard ini sebenarnya biasa-biasa saja. Yang tidak biasa adalah Anda dapat melakukan trik-trik serta akrobat-akrobat yang “tidak mungkin” dilakukan oleh manusia normal, termasuk jago skateboard di dunia sekali pun! Yap, bersalto dari gedung pencakar langit sambil asyik memainkan barang tentengan (kadang lebih besar dari si pemain skateboard yang membawanya) adalah salah satu contohnya!

6. NFL Blitz

Lagi-lagi game olahraga bola kaki yang tercatat sebagai salah satu sports game paling aneh. Kenapa demikian?

Sekarang penulis tanya, kira-kira berapa berat badan rata-rata pemain football? 70kg? 80kg? Atau…OK lah, 150kg! Well, kalau cuma segitu berat badan Anda, jangan coba-coba bergabung dalam NFL Blitz, salah-salah Anda jadi bulan-bulanan pemain lain yang rata-rata punya berat badan 10 kali lipat dari yang penulis sebutkan sebelumnya!

Jangan khawatir soal kartu merah, pinalti, atau jenis hukuman lainnya, karena itu cuma buat pecundang! Dalam NFL Blitz, Anda dihalalkan melakukan cara apa pun untuk meraih kemenangan, termasuk bergulat dan memukuli lawan Anda bahkan ketika mereka sudah dinyatakan menang!


7. Base Wars

Dari jajaran game olahraga paling aneh, barangkali ini yang paling realistis. Bayangkan saja olahraga Baseball yang dimainkan bukan oleh manusia, melainkan robot, tank, dan cyborg. Oh, satu peraturan lagi. Anda bahkan tak harus mencetak skor dalam game ini. Cukup hancurkan lawan Anda, maka secara otomatis tim Anda akan memperoleh kemenangan.

8. SSX 3

Anda gemar olahraga papan luncur di salju alias snowboarding? Nah, seri SSX adalah salah satu yang mengetengahkan permainan snowboarding dengan tampilan visual dan sajian audio yang memukau.

Kalau boleh dibilang, game ini sebenarnya tidak aneh, tapi unik. Aneh, karena pose-pose serta trik-trik yang disajikan rata-rata memang mustahil dapat dilakukan oleh manusia normal, sama halnya dengan yang ada di seri skateboard Tony Hawk.


9. Mario Kart Wii

Siapa sih yang tak kenal nama Mario? Kocak, menggemaskan, dan sedikit membuat Anda stress, adalah perasaan yang dirasakan kebanyakan gamer yang memainkan game-game si tukang ledeng ini, termasuk Mario Kart yang merupakan seri olahraga balapannya.

Kalau dalam game balapan Anda sudah merasa di atas angin ketika berada di urutan pertama, sebaiknya Anda berhati-hati saat main Mario Kart Wii. Pasalnya, dalam game ini Anda tak hanya perlu menjaga posisi, tapi juga waspada terhadap rintangan dan serangan yang mungkin dilancarkan lawan-lawan Anda.

Seperti apa sih serangannya? Well, kalau Anda sering main Super Mario Bros, maka Anda akan sering menjumpai kura-kura yang kalau diinjak akan masuk tempurung, dan kalau didorong akan lari kesana-kemari, tak jarang malah membahayakan keselamatan Mario. Nah, sejauh ini yang paling membuat pemain Mario Kart stress adalah serangan tempurung kura-kura yang tiba-tiba menghantam kendaraan mereka tepat sebelum masuk garis finish (yang tadinya urutan pertama bisa jadi urutan paling bontot).


10. NBA JAM

Yang suka main game basket era 90-an pasti kenal seri ini, satu-satunya seri basket yang memungkinkan pemainnya melompat lebih dari lima meter, berlari secepat kilat, atau melakukan “slam dunk” dengan bola api tergenggam di tangan!

Yang menarik di game ini adalah kita juga dapat memainkan karakter-karakter top dunia seperti presiden Amerika Bill Clinton beserta istrinya 

sumber

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info - May 9, 2012 at 11:01 pm

Categories: Unik   Tags: , , ,

Video Perempuan Melayu Pukuli Bayi 1 Tahun di Youtube Bikin Miris

Jakarta Bak! Buk! Bak! Buk! Seorang perempuan terlihat memukuli bayi berusia sekitar 1 tahun yang tengkurap di kasur yang terlihat diletakkan di atas lantai. Bayi itu berada di pojokan, tak berdaya, hanya menangis. Namun perempuan itu tak peduli.

Dalam video tak berjudul berdurasi 4 menit 19 detik itu, si perempuan terus memukuli bayi itu, kendati bayi itu sudah menangis kencang. Tak hanya dengan bantal, perempuan itu juga terlihat memukuli bayi dengan tangannya, di bagian kepala, muka dan kaki. Plak! Plak!

Bayi itu tengkurap, memakai celana dan baju cokelat, terlihat pampers menyembul dari bagian celananya. Sementara perempuan itu, bertampang Melayu, rambut awut-awutan dikuncir kuda menggunakan jepit, berkemeja lengan panjang motif garis-garis cokelat-hijau, dan bawahan hitam. Wajahnya hanya terlihat dari samping.

Perempuan itu memukuli sang bayi bak petinju yang memukuli sand sack, bertubi-tubi. Tampak dia geram, dan meluapkan emosinya yang entah disebabkan oleh apa.

Bayi itu terus meraung-raung, merayap-rayap di atas kasur yang bersprei merah muda. Saat tangisan sudah reda, perempuan itu seakan tak rela. Memukul, entah muka, kepala, tangan atau kakinya hingga bayi itu menangis kembali. Perempuan itu juga mencubit muka, pantat, dan lengan.

Selama perempuan itu memukuli sang bayi, tampak bocah laki-laki berusia sekitar 4-5 tahun memakai celana dan kaos putih sambil memegang bungkus makanan ringan, serta bocah perempuan berusia sekitar 6-7 tahun memakai rok merah muda. Kedua bocah itu berdiri, melihat di pinggir kasur. Ada juga perekam video.

Ada suara perempuan lain dalam video itu, entah itu suara perekam video atau bukan.
Seperti, “Ida, Ida, sudah Ida. Idaaa, Idaaaa, sudahlah sudah”, “Eee..udahlah Idaa”, “Idaaa, eh, kau nak bunuhkah die hah?!”. Kendati berteriak, tak seorang pun mencegah perbuatan perempuan itu pada bayi itu. Perekam kekerasan itu juga tetap saja mengabadikan gambar.

Sementara perempuan itu terlihat geram, di sela-sela memukul dia menggeram “Hhhhhhh” sambil menggenggam-meremas telapak tangannya. Kemudian berteriak, “Hei, diam anak bodoh!”.

Semua kata-kata itu berlogat Melayu. Tak jelas di mana lokasi pengambilan video itu, di Indonesia atau di negeri jiran. Tak jelas juga apakah perempuan itu ibunya atau bukan hingga bisa setega itu kepada sang bayi.

Video itu menjadi perbincangan hari ini di dunia sosial twitter. Semua tweeps menyesalkan peristiwa itu. Duh miris!
sumber

Artikel Terbaru Seputar Bola dan Prediksi Bola | www.lintasgol.com 

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 9:52 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , , , , , ,

Bendera-bendera negara yang terlupakan

Kekaisaran Romawi Suci:

Kekaisaran Romawi Suci (962-1806). Pada puncaknya pada abad 12, wilayahnya terdiri dr sebagian besar wilayah modern dari Jerman, Austria, Swiss, timur Perancis, Belgia, Belanda, barat Polandia, Republik Ceko dan Italia. Bendera ini digunakan dari 1400 hingga kekaisaran tercerai berai selama perang Napoleonic di 1806.
Charles the Bold, Duke of Burgundy:

Pada 1473, Charles the Bold, Duke of Burgundy, adalah salah satu wealthiest dan paling kuat di Eropa. wilayahnya dari Swiss ke Laut Utara, termasuk sebagian besar timur Perancis, Belgia dan Belanda. Ambisi-ambisi dia telah mentransformasi tanah itu menjadi nyata kerajaan, namun ia berencana untuk menjadi raja yang berakhir dengan kematiannya dalam peperangan pada 1477.
Republik Venesia:

Sebuah negara yang berlangsung selama lebih dari satu milenium adalah Republik Venesia. Republik ada dari akhir abad ke tujuh sampai 1797, ketika Napoleon menaklukkan kota.
The Rum atau Rum Timur:

Ini adalah bendera dari The Rum atau Rum Timur, yg merupakan lanjutan dari Kekaisaran Roma (Rome Empire) pada masa abad pertengahan.
Rusia Czars:

Pengungsi dari Konstantinopel pada 1453 bahan bakar yang membantu Renaisans di Italia, tetapi churchmen Byzantine nobles dan juga berakhir di Moskow, yang bersama-sama dengan Ortodoks iman yang sekarang mati kekaisaran. Sekitar waktu yang sama, maka pemerintah dari Rusia mengadopsi Czar judul, yang berarti Kaisar atau Kaisar, dan Moskow akan mulai disebut sebagai ‘the Third Roma’, setelah Konstantinopel adalah yang kedua. Rusia Czars justru melihat dirinya sebagai successors ke Rum dan sebagainya mengadopsi double-headed eagle, mereka menggunakan bendera revolusi sampai 1917.
ustria-Hungaria:


Dikenal sebagai bendera negara Austria-Hungaria, hingga runtuh tahun 1918.
Kerajaan Prussia:

Bendera Kerajaan Prussia.
Jerman 1870:


katanya sih, ini adalah bendera negara Jerman pada tahun 1870 yang bersatu di bawah kepemimpinan Prussian dan kekaisaran Jerman. Runtuh pada saat PD I 1918.
Napoleon’s flag:

Napoleon’s flag dan mantel dari senjata yang terlihat, berada di seluruh Eropa pada awal tahun dari abad ke-19.
Napoleon III:

Bendera ini dipakai oleh Napoleon III, penguasa dari Perancis (1852-1870). jelas bgt dia pake bendera pamannya sebagai inspirasi bagi kerajaan sendiri. Liat deh bendera Napoleon’s Flag ama Napoleon III ini. ada yg sama kan.
kerajaan Dua Sicilies:

kerajaan Dua Sicilies
Kerajaan Inggris di Italia:

Kerajaan terdiri bagian selatan Italia dan Pulau Sicily, dengan ibukota di Naples. Dalam 1861, ia menjadi bagian dari Kerajaan Inggris di Italia.
ugoslavia:

Yugoslavia menghilang, bersama dengan bendera, dalam beberapa masa. Namun di antara dua perang dunia, Yugoslavia adalah monarki.
Spanyol:
Spanyol adalah salah satu negara di Eropa yg tetap memiliki monarki, tetapi dari 1931 sampai 1939 adalah sebuah negara republik dan yg ditampilkan ini melambangkan bendera ke arah yang baru:

Sayangnya untuk republicans, arah yang baru adalah hidup singkat dan setelah Perang Saudara Spanyol, bendera ini adalah ilegal selama Franco Era. barang siapa yg ketahuan punya nih bendera mengakibatkan eksekusi atau yang terbaik di penjara. Setelah perang saudara dan sampai setelah kematian Franco pada tahun 1975, ini adalah bendera dari Spanyol:

Dinasti Qing:

Di Asia, Dinasti Qing yang memerintah Cina, Manchuria, Tibet, Taiwan dan Mongolia dari 1644 ke 1912. Ini bendera pada tanggal dari periode 1890 ke pembentukan republik pada tahun 1912.
Iran:

Iran, tentu saja pernah jadi monarki. Bendera ini dipakai sampai akhir 70-an.
Imperial Haile Selassie:

Bendera dari Imperial Haile Selassie.
Rhodesia:
Di Afrika, sebuah negara yg sering dalam berita mungkin adalah Zimbabwe. Namun, setelah menyatakan kemerdekaan dari Inggris di bawah Ian Smith pada tahun 1965 hingga 1980, negara ini dikenal sebagai Rhodesia, yang benderanya spt di atas pada saat itu.

Di luar Eropa, Meksiko bendera telah mengalami banyak perubahan sejak awal abad kesembilanbelas, tetapi ini menggambarkan salah satu singkat tinggal lencana dari negara Meksiko, kedua Meksiko kekaisaran, yang berlari dari 1864 ke 1867. Bila Presiden Juarez ditangguhkan pembayaran bunga ke luar negeri, Spanyol, Perancis, dan Inggris, Meksiko kreditor utama, bersatu dengan mengirimkan armada ke Meksiko untuk memaksa pemerintah untuk membayar hutang-nya. Inggris dan Spanyol segera diri, tetapi Perancis, memerintah oleh Napoleon III, tetap dengan tentara yang besar dan dilanjutkan ke menakluki negeri. Dengan US masih terlibat dalam Perang Sipil dan tidak dapat campur tangan, Napoleon III membantu mendirikan Maximilian dari rumah Habsburg, saudara dari Kaisar Austria, pada takhta Meksiko. Kerajaan yang dihadapi perang saudara langsung dari awal dan pada 1867 Kaisar Maximilian telah dijalankan oleh penembakan oleh pasukan pemberontak yang menang:

Meksiko adalah satu-satunya tidak monarki di Amerika. The Empire dari Brasil, di bawah aturan Emperors Pedro Pedro I dan II, sudah ada dari 1822 hingga 1889. Setelah pekerjaan Portugis oleh Napoleon, pada keluarga kerajaan melarikan diri ke pengasingan di Brazil, mereka yang paling penting koloni. Setelah jatuhnya Napoleon, Brasil menjadi independen dari Portugis, tetapi tetap menjadi anggota dari keluarga kerajaan sebagai kepala negara –

Juga di Amerika Selatan, ketika daerah melemparkannya off Spanyol aturan pada awal abad kesembilanbelas, salah satu awal telah republics Gran Kolombia, yang meliputi lebih dari utara Amerika Selatan dan sebagian kecil dari selatan Amerika Tengah 1819-1831. Nanti memecah belah ke dalam negara kita ketahui hari ini sebagai Kolombia, Ekuador dan Venezuela –

sumber

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 9:01 pm

Categories: Unik   Tags: , , ,

Gadis Penjual Ginjal Itu Tak Ingin Dikasihani

Gadis asal Pontianak yang berniat menjual ginjalnya,Rh, mengaku tidak ingin menerima bantuan dari pihak manapun terkait permasalahan yang sedang dihadapi keluarganya.

“Niat saya untuk menjual ginjal memang untuk membantu perekonomian keluarga saya, namun saya sama sekali tidak ingin belas kasihan dari pihak manapun. Karena keinginan saya untuk menjual ginjal ini juga tidak terlalu terdesak, jika ada yang ingin membeli, ya akan saya jual tetapi jika tidak pun saya juga tidak terlalu berharap banyak,” kata Rh, di Pontianak, Rabu (9/5).

Menurutnya akibat pemberitaan di media yang cukup heboh membuatnya merasa khawatir kalau niatnya tersebut sampai diketahui oleh orang tuanya.

Rh sempat menyedot perhatian saat sejumlah media melaporkan niatnya menjual ginjal sendiri dikarenakan ekonomi keluarga yang tidak mampu dan faktor dari ketergantungan keluarga kepadanya sebagai anak sulung membuat nya harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarganya.

“Kalau sampai orang tua saya tahu pasti mereka akan marah besar, dan itu yang membuat saya merasa bingung saat ini. Jadi saya sekarang berada di posisi yang serba salah, saya takut kalau orang tua saya sampai tahu,” katanya.

Dia mengaku memiliki keinginan untuk menjual ginjal tersebut pada awal Mei lalu. Berangkat dari permasalahan ekonomi keluarganya itu dia memasang iklan di internet di situs Yahoo dan menawarkan ginjalnya seharga Rp 500 sampai 600 juta.

Saat ditanya apakah saat ini dia masih memiliki keinginan untuk menjual ginjalnya, Rh mengaku ragu. Pasalnya dia ingin menjual ginjalnya tanpa diketahui oleh orang terdekat dan hanya ingin berhubungan langsung dengan pembelinya.

Namun, dengan adanya pemberitaan di media saat ini dia juga khawatir kalau orang terdekatnya sampai tahu.

“Kita lihat saja nanti bang, jika memang dengan cara menjual ginjal ini bisa membantu perekonomian keluarga saya, itu akan saya lakukan. Tapi sejujurnya saya tidak ingin terlalu di publikasikan apa lagi sampai membawa-bawa keluarga saya,” katanya.[ach/ant]

sumber

Artikel Terbaru Seputar Bola dan Prediksi Bola | www.lintasgol.com 

@osserem Follow juga ya….

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 8:53 pm

Categories: Aneh   Tags: , , , ,

10 Sengketa wilayah paling kontroversial di dunia

Setiap negara di dunia memiliki perbatasan berdasarkan beragam kriteria. Namun, batas politik suatu negaralah yang paling sering memicu perdebatan. Beberapa kasus bahkan menyulut pecahnya konflik bersenjata antara dua negara yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Situs penyenarai Listverse merangkum daftar 10 Sengketa Perbatasan Paling Kontroversial yang masih terjadi sampai sekarang.


10. Abkhazia dan Ossetia Selatan


Negara yang terlibat konflik: Georgia vs Republik Abkhazia dan Republik Ossetia Selatan

Abkhazia dan Ossetia Selatan adalah dua negara erpublik pecahan Georgia di Kaukasus. Keduanya telah berupaya melepaskan diri dari Georgia sejak tahun 1920-an. Setelah Revolusi Rusia tahun 1917, Abkhazia dan Ossetia Selatan ditetapkan sebagai dua republik otonom yang merupakan bagian dari Georgia dan termasuk di dalam wilayah Uni Soviet. Namun setelah perang tahun 1920-an, Abkhazia dan Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1923 dan 1922. Masalah kedaulatan keduanya semakin kompleks di masa keruntuhan Uni Soviet dan Georgia mendeklarasikan independensinya yang akhirnya berujung pada perang di tahun 1992 dan 2008. Rusia pada akhirnya mengakui kedua republik tersebut sebagai negara yang terpisah dan berdiri sendiri. Namun PBB, Uni Eropa dan NATO menolak mengakui kedaulatan Abkhazia dan Ossetia Selatan.

9. Kosovo

Negara yang terlibat konflik: Republik Serbia dan Republik Kosovo

Keruntuhan negara sosialis di tahun 1990-an juga berpengaruh pada Yugoslavia. Pada masa keruntuhan Yugoslavia, terbentuk lima negara baru; Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Makedonia, Slovenia, dan Republik Federasi Yugoslavia yang menaungi daerah otonomi Kosovo. Pada tahun 1998-1999 pecah perang ketika “Kosovo Liberation Army” menuntut kemerdekaan dari RF Yugoslavia. Setelah perang berakhir, RF Yugoslavia melepas semua klaimnya atas Kosovo dan menerimanya sebagai wilayah yang diawasi PBB.

Pada tahun 2006, RF Yugoslavia pecah menjadi Serbia dan Montenegro, sementara Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 17 Februari 2008 dengan memilih Pristina sebagai ibukota. Kosovo diakui secara resmi sebagai sebuah negara oleh 80 negara anggota PBB plus Taiwan. Meski telah menjadi anggota IMF dan Bank Dunia, status Kosovo sampai saat ini masih belum diakui sebagai negara berdaulat secara sepenuhnya.


8. Sahara Barat


Negara yang terlibat konflik: Kerajaan Maroko vs Republik Demokratik Arab Sahrawi

Sahara Barat berada di wilayah Afrika yang dikelilingi Maroko, Algeria, dan Mauritania. Wilayahnya sebagian besar terdiri atas padang pasir sehingga populasinya pun hanya sekitar 500 ribu penduduk yang sebagian besar tinggal di kota. Pada awalnya, Sahara Barat berada di bawah kekuasaan Imperium Spanyol.

Namun setelah Kesepakatan Madrid pada tahun 1975, ketika Spanyol sepakat untuk mengakhiri keberadaannya di wilayah itu, Sahara Barat diklaim oleh Maroko dan Republik Demokratik Arab Sahrawi (RDAS). Sebanyak 20-25% wilayah Sahara Barat berada di bawah kekuasaan RDAS sementara Maroko mengontrol selebihnya. Kekuasaan RDAS diakui oleh 58 provinsi sedangkan 22 provinsi lain menarik dukungan meerka dan 12 lainnya baru akan menentukan sikap setelah referendum PBB. Namun hingga saat ini, PBB tidak mengakui Sahara Barat sebagai negara berdaulat di bawah pemerintahan RDAS.


7. Gibraltar


Negara yang terlibat konflik: Kerjaan Spanyol vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Wilayah Gibraltar telah jadi sengketa sejak bertahun-tahun lalu. Posisinya yang strategis di Selat Gibraltar memungkinkan akses ke Laut Tengah dan Suez, yang merupakan jalur penting pelayaran dan perdagangan internasional. Saat ini, kendali militer selat itu dipegang oleh Inggris dan Maroko meskipun Spanyol memiliki pangkalan militer yang cukup besar di area yang sama.

Awalnya, Gibraltar dikuasai oleh kekuatan Anglo-Belanda pada tahun 1704. Kemudian pada tahun 1713 Spanyol menyerahkannya pada Inggris melalui Perjanjian Utrecht. Sejak itu, Spanyol tiga kali berusaha mengambil alih kembali Gibraltar namun tidak berhasil. Referendum yang diadakan pada 1967 dan 2002 yang bertujuan untuk mengembalikan wilayah itu ke Spanyol, justru menghasilkan sebaliknya, 99% penduduk memilih untuk tetap berada di bawah kekuasaan Inggris. Memang tidak ada ketegangan berarti antara Spanyol dan Inggris terkait klaim wilayah ini, namun Spanyol tetap tidak mau melepaskan kekuasaan politiknya atas Gibraltar.

6. Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan

Negara yang terlibat konflik: Republik Argentina vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Kepulauan ini terkait erat dengan Kepualaun Falkland yang juga menjadi sumber keretakan hubungan Argentina dan Inggris. Sejak James Cook mendarat di Georgia Selatan pada tahun 1775 dan Kepulauan Sandwich pada tahun 1908, Inggris menganeksasi keduanya pada 1908. Sedangkan Argentina mengklaim kekuasaannya berdasarkan keberadaan perusahaan penangkapan paus yang mulai beroperasi tahun 1908 di Georgia Selatan, namun telah menandatangani perjanjian sewa kepada pemerintah Kepulauan Falkland sejak tahun 1906. Pada tahun 1985, Georgia Selatan dan Kepualauan Sandwich Selatan resmi menjadi wilayah luar negeri Inggris. Namun Argentina tetap melanjutkan klaim kedaulatannya atas kedua wilayah kepualauan itu. Perkembangan terbaru pada tahun 2010, Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menelpon Ratu Elizabeth II untuk menyerahkan Georgia Selatan dan Kepulauan Falkland kepada Argentina.

5. Tibet

Negara yang terlibat konflik: Pemerintah Adminsitrasi Tibet vs Republik Rakyat China

Sejarah kedaulatan Tibet terentang panjang sejak abad 13. Secara hukum, pemerintah Republik Rakyat China (RRC) melihat Tibet sebagai bagian tak terpisahkan sejak Dinasti Yuan. Fakta ini didukung peta kuno dan negara-negara lain sehingga menjadikan Tibet sebagai wilayah otonom China. Amerika Serikat, Inggris, Uni Eropa dan Perancis serta banyak negara lain mengakui Tibet sebagai bagian dari China.

Akar konflik yang terus berlanjut hingga saat ini terjadi saat Invasi China ke Tibet pada tahun 1950, ketika pemerintahan baru komunis memulai “Pembebasan Seluruh Wilayah China” sehingga menimbulkan pecahnya perang. Setalah perang berakhir, Pemerintah Administrasi Tibet (PAT), yang diwakili Dalai Lama, menyerahkan Tibet kepada China dengan 17 poin kesepakatan. Namun, delegasi Tibet dipaksa menandatangani kesepakatan tersebut. Hingga saat ini PAT berada di pengasingan di India dan tidak ada tanda-tanda Tibet akan memperoleh kemerdekaannya.


4. Siprus


Negara yang terlibat konflik: Republik Siprus vs Republik Turki Siprus Utara

Siprus merupakan kelanjutan konflik Yunani dan Turki di era modern. Konflik kedua negara sendiri telah berlangsung selama berabad-abad. “Kepemilikan” Siprus selalu berpindah tangan antara Turki dan Inggris sepanjang sejarah sejak pertama kali dikuasai Kekaisaran Turki Ottoman. Diantara penguasaan kedua negara tersebut, muncul pula beberapa kali pemberontakan yang mendukung kedaulatan penuh dari salah satu negara. Salah satunya dilakukan kelompok perlawanan Siprus Turki EOKA yang menginginkan penyatuan Siprus dengan Turki.

Dari sekian lama pergolakan yang masih terjadi hingga sekarang, Turki menguasai 37% bagian utara pulau tersebut dan mengklaim secara de facto berdirinya Republik Turki Siprus Utara. Meski begitu, pertempuran antara Yunani dan Siprus Turki masih jadi pemandangan harian hingga saat ini. Inggris, Yunani, dan Turki pun harus meminta NATO untuk turut menjaga perdamaian. Sementara di sisi lain, hanya Turki yang mengakui Republik Turki Siprus Utara sebagai sebuah negara dan sampai sekarang tidak ada tanda-tanda pulau tersebut akan bersatu dalam sebuah negara utuh.

3. Kepulauan Falkland

Negara yang terlibat konflik: Republik Argentina vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Kepualauan ini berkaitan erat dengan Georgia Selatan, namun dengan banyak kepentingan yang terlibat di dalamnya. Inggris dan Argentina telah men-sengketakan Falkland sejak ratusan tahun lalu. Inggris telah mengklaim kedaulatannya atas Falkland sejak tahun 1690 serta mencoba menguatkannya secara de facto sejak 1833. Argentina mulai mempersengkatakan kepemilikan Falkland sebelum tahun 1833 ketika kepualauan tersebut berada di bawah kekuasaannya meski hanya dalam waktu singkat.

Perancis adalah negara pertama yang menguasai Falkland, setelah itu kekuasaan kerap berpindah diantara Spanyol, Inggris dan Argentina sampai tahun 1833, saat Inggris mengklaim kedaulatannya dan mengusir Argentina. Kepulauan itu akhirnya berada dalam kekuasaan Inggris sampai tahun 1982 ketika Argentina melakukan invasi sekaligus memulai Perang Falkland. Hingga saat ini, Falkland tetap berada di bawah penguasaan Inggris namun Argentina tidak menunjukkan tanda-tanda melepaskan klaimnya atas kepulauan yang sama.

2. Taiwan

Negara yang terlibat konflik: Republik Rakyat China vs Republik China (Taiwan)

Berbeda dengan Tibet, Republik China – lebih dikenal dengan nama Taiwan – memperoleh dukungan internasional atas keputusannya memisahkan diri dari Republik Rakyat China (RRC). Beberapa negara bahkan menyarankan untuk menanggalkan nama China dan menggantinya menjadi Republik Taiwan untuk melepaskan hubungan dari negara komunis itu. Sebelum Perang Dunia (PD) 2, Taiwan dimiliki oleh Jepang sedangkan nama Republik China mengacu pada negeri China daratan. Setelah PD 2, Jepang menyerahkan Taiwan kepada Republik China.

Namun karena perang saudara yang terjadi antara RRC dan Republik China, kepemilikan Taiwan pun jadi tidak jelas sehingga pada akhirnya mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara berdaulat yang terlepas dari RRC yang menguasai China daratan. RRC menolak mengakui Taiwan sebagai sebuah negara dan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara yang mengakui Taiwan. Sampai sekarang, Taiwan belum memperoleh pengakuan penuh sebagai sebuah negara. Hanya 23 negara yang menjalin hubungan diplomatik resmi dengan negara pulau itu sementara negara lainnya, meskipun mengakui Taiwan sebagai sebuah negara, memilih untuk menjalin hubungan diplomatik tidak resmi.


1. Palestina


Negara yang terlibat konflik: Palestina vs Israel

Konflik Palestina – Israel yang telah berlangsung selama ribuan tahun menjadi konflik paling populer yang layak jadi pemuncak daftar ini. Terlepas dari sejarah sengketa yang berbasis agama, konflik kedua negara di era modern dimulai pasca PD 2 dan genosida yang dilakukan Nazi terhadap bangsa Yahudi. Ketika kamp-kamp konsentrasi Yahudi dibebaskan, ribuan Yahudi yang memerlukan tempat tinggal berbondong-bondong secara massal ke Palestina yang ketika itu populasinya didominasi bangsa Arab.

Konflik pun mulai pecah dan PBB mencoba menengahi dengan mengajukan Rencana Pembagian Palestina menjadi dua negara terpisah, masing-masing satu untuk bangsa Arab dan Yahudi dengan Yerusalem sebagai kawasan netral yang berada di bawah pengawasan PBB. Pada 14 Mei 1948 bangsa Yahudi mendeklarasikan kemerdekaan sekaligus mendirikan negara Israel. Keesokan harinya, Mesir, Syria, Lebanon, dan Iran menggempur Israel yang menandakan dimulainya Perang Arab-Israel. Setahun kemudian diberlakukan gencatan senjata dan perbatasan sementara ditetapkan. Yordania mengambil alih wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur sedangkan Mesir menguasai Jalur Gaza.

Masalah berikutnya muncul pada tahun 1956 saat Krisis Terusan Suez ketika Israel yang dibantu Spanyol dan Inggris menginvasi Semenanjung Sinai. Pada tahun 1966, hubungan Dunia Arab dengan Israel semakin memburuk yang berujung pada pecahnya Perang Enam Hari pada tahun 1967. Setelah perang usai, Israel berhasil mengambil alih Jalur Gaza dan Semenanjung Sinai dari Mesir, Tepi Barat dan Yerusalem Timur dari Yordania serta Dataran Tinggi Golan dari Syria. Enam tahun kemudian, Perang Yom Kippur pecah dan hubungan Israel dengan negara-negara Arab semakin memburuk.

Tahun 1988, Palestine Liberation Organization (PLO) mendeklarasikan berdirinya negara Palestina namun mereka tidak memegang kontrol wilayah Palestina. Sejak saat itu, PLO terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina berdasarkan perbatasan yang pernah ditetapkan di tahun 1967. Saat ini, Liga Arab, dan sebagian besar negara-negara di Amerika Selatan, Afrika dan Asia mengakui negara Palestina. Sedangkan negara-negara Eropa dan Amerika Utara bersikap sebaliknya. Tahun ini PBB berencana menyelenggarakan pemungutan suara mengenai status negara Palestina.

sumber 

Be the first to comment - What do you think?
Posted by admin @ BelajarBlogger.Info -  at 8:01 pm

Categories: Unik   Tags: , , , ,

Next Page »